cover
Contact Name
-
Contact Email
staiddimakassar@gmail.com
Phone
+6285299775325
Journal Mail Official
staiddimakassar@gmail.com
Editorial Address
Sultan Alauddin
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
ISSN : 27457796     EISSN : 28097459     DOI : 10.55623
Core Subject : Religion, Education,
Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam , 2809-7459 (ONLINE) dan 2745-7796 (PRINT) , merupakan jurnal OPEN ACCESS dan Peer-reviewed. Jurnal ini memiliki Focus and Scope dalam kaitannya dengan wacana-wacana keislaman dewasa ini serta menitikberatkan pada pembahasan Dinamika & Pergolakan Keislaman-Keindonesiaan yang membawa pengaruh terhadap kondisi kehidupan umat manusia.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2023): Article in Press" : 16 Documents clear
Toleransi Antar Umat Beragama dalam Perspektif Pendidikan Islam Arlina; Reni Pratiwi; Elvira Alvionita; Mutia Salwa Humairoh; Damayanti Pane; Siti Hajar Hasibuan
Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 4 No 1 (2023): Article in Press
Publisher : STAI DDI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55623/au.v4i1.143

Abstract

Toleransi merupakan suatu hal yang wajib untuk diterapkan dalam sebuah pendidikan terutama di sekolah umum, karena di dalam sekolah umum banyak terdapat beberapa agama yang berbeda-beda bahkan adat dan budayanya juga sudah pasti berbeda dari mulai agama Islam, Kristen, Buddha, Hindu selain yang lainnya. Selain itu, jika ada, perbedaan tersebut sekolah sudah pasti menciptakan hubungan interaksi dengan saling membandingkan harga dan penjadwalan antara orang yang sama dan warga negara Indonesia, beranekaragam warna kulit serta budaya dapat menjadi satu dengan adanya toleransi, dalam perspektif Pendidikan Islam toleransi diartikan sebagai tasamuh yaitu membolehkan atau tidak menolak pendapat, sikap dan gaya hidup yang berbeda. Dalam Islam juga diajarkan untuk bertoleransi terhadap antar sesama manusia yaitu dalam Q.S Al Hujurat ayat 13. Toleransi jika dilaksanakan dengan baik maka akan membuahi hasil yang baik, seseorang yang sudah terbukti menerapkan jiwa toleransi dalam dirinya pasti akan selalu jujur dan adil, tidak membeda-bedakan agama, suku, ras, bahkan warna kulit. Menoleransinya akan memungkinkan lebih banyak orang mendapat manfaat dari perbedaan dan kekurangan tersebut. Beberapa orang telah menunjukkan toleransi untuk itu. Keywords: Toleransi Beragama, Prespketif Islam, PAI
Pemikiran Al-Zamakhshari tentang Qira’at pada QS. Al Fatihah: Tinjauan Tafsir Al-Kashaf Solehodin
Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 4 No 1 (2023): Article in Press
Publisher : STAI DDI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55623/au.v4i1.147

Abstract

Artikel ini membahas tentang ragam qira’at pada surah al Fatihah dalam Tafsir al-Kashaf karya Abu al-Qasim Mahmud bin Muhammad bin ‘Umar al-Zamakhshari.  Kajian ini dilakukan untuk melihat sejauh mana pengaruh qira’at terhadap produk tafsir dan pandangan al-Zamakhshari terhadap kajian ilmu qira’at. Artikel ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa, pertama perbedaan qira’at juga dapat mempengaruhi terhadap penafsiran, atau  istimbat hukum, walaupun tidak keseluruhannya. Kedua, perhatian al-Zamakhshari terhadap qira’at cukup besar. Hal ini dibuktikan hampir semua ayat dalam surah al Fatihah dijabarkan ragam qira’atnya. Walaupun tampak terdapat kelemahan, yaitu seringkali al-Zamakhshari tidak manyandarkan qira’at pada perawi. Dan tampak pula al-Zamakhshari lebih fokus dan tertarik pada analisis kebahasaannya dibandingkan periwayatannya. Implikasi perbedaan qira’at memberikan ruang penafsiran yang terbuka, sehingga seringkali setiap qira’at yang berbeda menjadikan kalimat multitafsir.Artikel ini membahas tentang ragam qira’at pada surah al Fatihah dalam Tafsir al-Kashaf karya Abu al-Qasim Mahmud bin Muhammad bin ‘Umar al-Zamakhshari.  Kajian ini dilakukan untuk melihat sejauh mana pengaruh qira’at terhadap produk tafsir dan pandangan al-Zamakhshari terhadap kajian ilmu qira’at. Artikel ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa, pertama perbedaan qira’at juga dapat mempengaruhi terhadap penafsiran, atau  istimbat hukum, walaupun tidak keseluruhannya. Kedua, perhatian al-Zamakhshari terhadap qira’at cukup besar. Hal ini dibuktikan hampir semua ayat dalam surah al Fatihah dijabarkan ragam qira’atnya. Walaupun tampak terdapat kelemahan, yaitu seringkali al-Zamakhshari tidak manyandarkan qira’at pada perawi. Dan tampak pula al-Zamakhshari lebih fokus dan tertarik pada analisis kebahasaannya dibandingkan periwayatannya. Implikasi perbedaan qira’at memberikan ruang penafsiran yang terbuka, sehingga seringkali setiap qira’at yang berbeda menjadikan kalimat multitafsir.
Political Approach In Islamic Studies Sayyidaturrohimah; Zulfi Mubaraq; Syuhadak; Taufiqurrochman
Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 4 No 1 (2023): Article in Press
Publisher : STAI DDI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55623/au.v4i1.152

Abstract

This research aims to to know and understand the meaning of etymology, terminology and characteristics or concrete manifestations of the political approach in Islamic studies, to understand and find out what are the factors that cause the existence of this political approach so that it is used in studying Islamic studies, and to find out and understand what are the academic implications that arise from using this political approach in understanding Islamic studies. This article is written based on the type of literature research with primary data in the form of 30 main references which are divided into 3 material objects to be studied. The research results show that: 1) As a method used in studying Islam in depth, the political approach is always related to the benefit of the people and humans. This shows that politics is not always negative. 2) The existence of a political approach is influenced by several factors. The existence of similarities in the object of study makes Islam deepen through this method. However, it cannot be denied that the differences in the views of the ulama' on the relationship between Islam and politics are also a factor that hinders its existence. 3) A political approach can have a positive impact in the form of several leadership and government lessons that can be applied from the time of the Prophet to his successors caliphs. The existence of a field of Islamic science that specifically discusses government can also be useful for a leader of the people.
Kosmologi Penciptaan Laki-Laki dan Perempuan dalam Tafsir Maqāṣidī: Respon terhadap Kesetaraan Gender Mursalim; Nurul Hasanah
Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 4 No 1 (2023): Article in Press
Publisher : STAI DDI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55623/au.v4i1.157

Abstract

Gender equality is a concept advocated by feminists, aiming to achieve equal rights and opportunities for women, who have historically faced discrimination from men due to patriarchal cultural norms. This research utilizes a qualitative-descriptive method, seeking to explain the phenomenon of gender equality from the perspective of Islamic cosmological science and employing the method of tafsir maqasidi. The findings of this research indicate that in cosmology, both men and women are interconnected with the cosmic universe. The creation of the universe represents the manifestation of Allah SWT's names "Jalal" and "Jamal," as well as the creation of human beings. Therefore, if the gender differences between men and women are eradicated to the point of complete equivalence, implying that they no longer need each other and are considered identical in all aspects, it would disrupt the cosmic order and lead to the extinction of life.
Hubungan Kemampuan Bahasa Arab terhadap Prestasi Menghafal Al-Qur’an Santri Kelas XI SMA Cahaya Qur’an Cibungbulang Bogor Tahun Ajaran 2019/2020 Muh. Abrar; Asriani
Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 4 No 1 (2023): Article in Press
Publisher : STAI DDI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55623/au.v4i1.158

Abstract

This study aims to examine how strong the relationship between mastery of Arabic lessons on the ability to memorize Al-Qur'an and how significant is the relationship between mastery of Arabic learning and the ability to memorize Al-Qur'an in class XI students in Madrasah Aliyah Islamic boarding school tahfidz qur'an Ummul quro al-Islami bogor in the academic year 2019/2020. This research is a field research, while the approach to this research is a quantitative approach, meaning that the objectivity of the research design is carried out by using statistical processing figures, structures and controlled experiments. Judging by the population and sempel, this study is a population study, because it involves all research subjects, namely XI class. The data collection technique used questionnaire distribution documentation. The data obtained were analyzed  using quantitative  statistics.The Arabic language skills of  students of KLS XI  Madrasah  Aliyah Islamic Boarding School Tahfidzul Qur‘an Cahaya Qur’an Cibungbulang in the Academic Year 2019/2020. In very  good  category.  This  can  be  seen  from  the analysis  of  the  ability  to  memorize  students of  Kls  XI Madrasah Aliyah Islamic Boarding School Tahfidzul Qur‘an Cahaya Qur’an Cibungbulang in the Academic Year 2019/2020 in good categories In this case it can also be seen from the analysis. Based on the spread of the lift carried out by the researcher on the correlative quantitative analysis of the results of the study, it shows that there is an influence between the ability of the Arabic language to the ability to memorize the students of Islamic class XI Madrasah Aliyah Islamic Boarding School Tahfidzul Qur’an Cahaya Qur’an Cibungbulang in the Academic Year 2019/2020. The results of this study are expected to contribute to the knowledge of teachers, students, parents, boarding school and other researchers that the level of Arabic language proficiency can affect the memorization of the Qur'an.
Analisis Perspektif Ismail Raji Al-Faruqi dan Seyyed Hossein Nasr tentang Islam dan Sains Nurul Pratiwi; Mustari Mustafa; Abdullah
Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 4 No 1 (2023): Article in Press
Publisher : STAI DDI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55623/au.v4i1.167

Abstract

Ismail Raji Al-Faruqi dan Seyyed Hossein Nasr adalah dua cendekiawan Muslim yang telah menulis tentang hubungan antara Islam dan sains. Penelitian ini menggunakan penelitian studi Pustaka dengan mengumpulkan data melalui buku dan jurnal, dengan menggunakan pendekatan sistematik. Penelitian ini menunjukkan bahwa Faruqi mengusulkan konsep Islamisasi sains sebagai cara untuk mengintegrasikan sains dan agama, sementara Nasr menekankan pentingnya nilai-nilai spiritual dan etika salam sains Islam. Faruqi merinci proses praktis untuk Islamisasi dalam dua belas langkah, sedangkan Nasr berpendapat bahwa sains dan agama bukanlah entitas yang terpisah, tetapi dua aspek dari realitas yang bersatu. Keduanya percaya bahwa ada kebutuhan untuk mengintegrasikan sains dan agama, tetapi mereka berbeda dalam pendekatan mereka. Faruqi mengusulkan proses praktis untuk Islamisasi, sedangkan Nasr pmenekankan pentingnya nilai-nilai spiritual dan etika dalam sains Islam.
Konsep Implementasi Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak di Kabupaten Polewali Mandar Andi Mujaddidah Alwi; Muhammad Arsyam; Muh Nurkhalish Syam; Ismail Suardi Wekke; Hasan; Umar Sulaiman
Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 4 No 1 (2023): Article in Press
Publisher : STAI DDI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55623/au.v4i1.168

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi dan dampak kurikulum merdeka sekolah penggerak di Kabupaten Polewali Mandar?. Penelitian ini memiliki jenis penelitian penelitian kualitatif berbasis lapangan (field research), dan menggunakan pendekatan penelitian fenomenologi. Adapun sumber data penelitian berupa data primer dan data skunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan penelusuran referensi. Lalu, teknik pengolahan dan analisis data dilakukan melalui empat tahap, yaitu; reduksi data, display data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Implementasi kurikulum merdeka pada sekolah penggerak adalah penerapan kurikulum sebagai pedoman untuk menyelesaikan pelajaran yang diharapkan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Kedudukan kurikulum dalam pendidikan adalah sebagai suatu struktur yang dibangun untuk mentransmisikan peristiwa-peristiwa masa lalu kepada generasi berikutnya untuk dilestarikan, diteruskan atau dikembangkan, Secara umum bahwa dampak sekolah-sekolah pelaksana Kurikulum Merdeka secara mandiri di Kabupaten Polewali Mandar telah berusaha secara maksimal untuk dapat melakukan proses belajar secara mandiri melalui platform Merdeka Mengajar. Implikasi di beberapa sekolah masih ditemui tantangan dan kendala antara lain berkaitan dengan tiga hal, yaitu kemampuan SDM guru, ketersediaan sarana TIK yang terbatas dan kesulitan akses jaringan internet. Hal ini perlu dilakukan agar karena sangat berdampak pada efektivitas proses belajar mengajar dan prestasi belajar peserta didik.
Bentuk Eksistensi Hukum Islam dalam Tatanan peraturan Perundang-Undangan di Indonesia Muhammad Tabran; Kurniati; Abd. Rahman R; A. Firda
Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 4 No 1 (2023): Article in Press
Publisher : STAI DDI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55623/au.v4i1.169

Abstract

Hukum Islam dalam beberapa peraturan perundang-undangan diIndonesia, sudah mulai di akui keberadanya dalam tatanan hukum, Walau demikian, bukan berarti hukum Islam tersebut diberlakukan secara paksa terhadap masayarakat atau agama lainnya, ada klausul-klausul tertentu yang harus dipenuhi agar nilai-nilai Islam yang terdapat di dalam hukum tersebut dapat diberlakukan, eksistensi hukum Islam di Indonesia diperkuat dengan teori-teori munculnya hukum dan bentuk eksistensi hukum islam di Indonesia ialah menjadi sumber hukum serta sudah ada daerah yang mempergunakan hukum islam sebagai hukum, dan sudah banyak pula undang-undang yang menyerap dari hukum islam sebagai hukum negara diberbagai bidang muamalah. Metode penelitian yang diterapkan di dalam penelitian ini adalah metode penelitian hukum normatif dengan menggunakan pendekatan Peraturan Perundang-Undangan (statute approach) dan Pendekatan Konseptual (conceptual approach). Sumber bahan hukum yang digunakan di dalam penelitian ini bersumber dari berbagai literatur yang mempunyai hubungan dengan objek penelitian serta akan memberikan hasil kajian yang bersifat deskriptif analitis yuridis.
Urgensi Ikhlas bagi Pendidik dalam Pendidikan Islam Nasirudin; Ichi Hana Dian Nurmala Azizah; Muhammad Fawaid; Lailis Sa'adah; Siti Robiul Awalia
Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 4 No 1 (2023): Article in Press
Publisher : STAI DDI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55623/au.v4i1.170

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada kajian mengenai pembahasan ikhlas dan urgensinya bagi pendidik dalam sudut pandang Islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kriteria pendidik yang ikhlas dan urgensinya bagi pendidik dan peserta didik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan studi kepustakaan (study research). Sumber penelitian berasal dari beberapa buku, jurnal, dan literatur lain yang layak dijadikan rujukan dalam penelitian. Pembahasan didialogkan dengan pendapat para ahli dan dalil-dalil  yang kredibel. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kriteria pendidik yang ikhlas itu setidaknya memenuhi 4 kriteria, yaitu 1) Pekerjaannya sebagai ibadah; 2) Tindakannya tidak bertentangan dengan syariat; 3) Tidak berorientasi pada materi semata. Sedangkan urgensi ikhlas bagi pendidik adalah terkontrol, kenyamanan belajar, wujud kecerdasan pendidik, komitmen terhadap tugas, wujud pekerjaan terbaik dan doa yang mudah terkabulkan.
Konsep Kinerja Pengawas Sekolah terhadap Kompetensi Profesional Guru pada Madrasah Aliyah Negeri Kota Makassar Andi Ombong Sapada; Andi Muhammad Shaleh Alwi; M Yusri; Agus Basri
Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 4 No 1 (2023): Article in Press
Publisher : STAI DDI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55623/au.v4i1.171

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana konsep kinerja pengawas sekolah terhadap kompetensi profesional guru pada Madrasah Aliyah Negeri Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah yakni sesuatu yang apa adanya tidak dimanipulasi keadaan dan kondisinya serta menggunakan pendekatan penelitian fenomenologi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari, data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yaitu observasi (field observations), focus group discussion, wawancara mendalam (intensive/ depth interview). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Konsep pengawasan sekolah tidak akan dapat berjalan dengan baik apabila hanya bergantung kepada laporan saja. Karena itu pengawasan dari pimpinan organisasi menggabungkan teknik pengawasan langsung dan tidak langsung dalam melakukan fungsi pengawasan. Rekrutmen dan seleksi calon pengawas satuan pendidikan diperlakukan untuk menghasilkan sumber daya pengawas yang bermutu, yaitu calon pengawas yang berkualifikasi sebagai pengawas professional. Dengan adanya pengawas yang professional diharapkan kinerja penga-was di masa mendatang semakin membaik dan professional. (2) Pelaksaan pengawasan akan berdampak pada kompetensi profesionalisme guru dan mutu institusi pendidikan, dengan demikian menjadi suatu keharusan mutlak serta sekaligus menjadi pasword atau kata kunci untuk melahirkan putra-putri bangsa yang beradab, produktif, kreatif, inovatif dan efektif. Kompetensi dan kualitas guru yang dikehendaki adalah mampu mempengaruhi proses belajar mengajar peserta didik yang nantinya akan menghasilkan prestasi belajar yang baik. Implementasi penelitian dalam meningkatkan kompotensi professional guru hendaknya dilakukan secara berkelanjutan. Hal ini perlu dilakukan agar dadat berdampak terhadap kemampuan peserta didik khususnya jenjang MTs Negeri dapat ditangani secara maksimal karena sangat berdampak pada efektivitas proses belajar mengajar dan prestasi peserta didik.

Page 1 of 2 | Total Record : 16